Liputan: Banua Banjar

Banua adalah suatu teritorial/kawasan yang terbentuk dari gabungan beberapa buah kampung yang terdapat di Kalimantan Selatan pada masa Kesultanan Banjar dan masa kolonial Hindia Belanda. Istilah banua kemudian berkembang menjadi sebutan lain Kalimantan Selatan.

Kalimantan Selatan beribukota di Banjarmasin dan dikenal dengan kota yang dilewati banyak sungai besar dan sungai kecil (kanal). Sungai terbesar adalah Sungai Barito. Di bagian hilirnya sampai beberapa kilometer ke dalam bisa dimasuki kapal besar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di kota Banjarbaru, kurang lebih 35 kilometer ke arah tenggara dari Banjarmasin berdiri pabrik Okky Jelly dari Suntory Garuda Beverage. Pabrik ini lebih dikenal dengan nama BU-N (Business Unit – N). Diresmikan tanggal 4 Juni 2012 oleh manajemen Suntory Garuda Beverage.

 

 

 

 

 

 

 

Berbicara tentang tempat wisata, di Banjarmasin yang terdekat adalah pasar apung. Kita bisa kesana dengan menaiki perahu motor atau lebih dikenal dengan kapal klotok yang bisa disewa. Pasar apung ini terletak di persimpangan antara Sungai Kuin dan Sungai Barito. Harga sewanya sudah sepaket dengan wisata ke Pulau Kembang yang berada di tengah Sungai Barito.

Perjalanan di mulai dengan melewati Masjid Sultan Suriansyah menuju ke pasar apung Kuin dimana air Sungai Kuin mengalir menuju Sungai Barito. Masjid Sultan Suriansyah adalah sebuah masjid bersejarah yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan.

Pasar apung adalah pasar tradisional yang sudah ada sejak dulu dan merupakan refleksi budaya sungai orang Banjar. Pasar yang khas lagi unik ini tempat melakukan transaksi di atas air dengan menggunakan perahu besar maupun kecil yang berdatangan dari berbagai pelosok. Pasar apung hanya berlangsung pada pagi hari sekitar jam 05.00 hingga 09.00 setiap hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah itu kita bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Kembang yang terletak tidak jauh dari pasar apung. Di pulau ini terdapat sebuah Vihara Cina yang sudah sangat tua dan banyak dikunjungi keluarga Cina untuk beribadah. Di Pulau ini dirimbuni oleh pohon bakau dan merupakan habitat monyet. Disini kita bisa berinteraksi dan memberi makan monyet dengan kacang, pisang atau telur serta berjalan-jalan keliling pulau.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalau ingin membeli cinderamata kita bisa menuju Pasar Martapura yang terletak 5 kilometer ke timur laut dari Banjarbaru. Disana kita bisa memilih perhiasan manik-manik dengan harga belasan ribu sampai cincin intan dengan harga belasan juta. Yang khas lainnya adalah kain dan baju dengan motif sasirangan. Sasirangan adalah batik khas Kalimantan Selatan yang pada jaman dahulu digunakan untuk mengusir roh jahat dan hanya dipakai oleh kalangan orang-orang terdahulu seperti keturunan raja dan bangsawan. Selain itu ada banyak kerajinan rotan seperti songkok dan tikar (biasa disebut lampit).

 

 

 

 

 

 

Sedangkan oleh-oleh berupa makanan cukup banyak variasinya seperti amplang ikan tengiri, kacang jaruk, ikan saluang goreng, lempok durian. Kacang jaruk merupakan oleh-oleh khas Barabai. Kacang jaruk sangat renyah digigit, rasanya agak asin dengan aroma bawang putih yang khas. Kacang ini dalam pembuatannya cukup unik, hal ini karena kacang ini tidak digoreng, tapi disangrai dengan pasir yang dihaluskan. Sedangkan ikan Saluang itu adalah ikan kecil yang kalau dewasa mungkin panjang tubuhnya hanya ±10cm. Ikan Saluang hidupnya di sungai. Kalau digoreng, ikan Saluang ini akan terasa renyah. Semua oleh-oleh ini bisa dibeli di banyak tempat baik di Banjarmasin, Martapura maupun Banjarbaru.

1 Komentar (+add yours?)

  1. pasifo98
    Agu 18, 2012 @ 02:45:21

    Reblogged this on pasifo98.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: