Tempat Ngopi Recommended di Jakarta (2)

Anda suka minum kopi (ngopi)? Ada yang suka ada yang tidak. Bagi yang suka ngopi, ada yang merasa cukup dengan kopi sachet alias kopi instant. Tapi ada juga yang lebih suka kopi tubruk. Atau diolah dulu pakai mesin espresso, syphon,  Vietnam drip, atau French press.

Kebanyakan peminum kopi tidak membeda-bedakan rasa antara satu jenis kopi dengan jenis kopi lainnya. Tetapi kalau benar-benar dirasakan, rasa minuman kopi dari jenis biji kopi yang sama bisa sangat berbeda tergantung berbagai faktor. Bila Anda adalah seorang pencinta kopi, ada baiknya mengetahui empat karakter dalam minuman kopi yang sangat penting dan menentukan cita rasanya.

1. Aroma/Fragrance

Aroma menjadi karakter terkuat dan sangat identik dengan minuman kopi. Penilaian aroma dilakukan dengan cara menyeduh bubuk kopi dengan air panas, lalu nilai aroma yang tercium. Misalkan halus (smooth), segar (fresh), creamy, tajam (sharp).

2. Keasaman (Acidity)

Keasaman merupakan karakter biji kopi yang menentukan cita rasa tersendiri pada produk kopi. Kopi tanpa keasaman menjadi tak bernyawa. Tapi kopi dengan terlalu banyak keasaman bisa menjadi tidak nikmat. Sifat keasaman bisa dideskripsikan dengan tajam (pointed), sedang (medium), dan rendah (light).

3. Rasa (Taste)

Rasa dapat dinilai dengan menyeruput air kopi lalu menahan air kopi di dalam rongga mulut selama 3-5 detik. Tujuannya adalah memenuhi air kopi di seluruh permukaan lidah, sehingga lidah mampu mengenali rasa dasar seduhan, seperti rasa pahit, asam, manis, tajam (sharp), lembut (smooth).

4. Body

Karakter terakhir yang mempengaruhi cita rasa kopi adalah body yang dapat disetarakan dengan sensasi “rasa mantap”. Sensasi tersebut dapat dirasakan dengan cara membiarkan kopi tetap berada di permukaan lidah dan menggosokkannya ke langit-langit mulut. Body terdiri dari tingkatan penuh (full), sedang (medium), dan ringan (light).

Silakan dicoba dan akan lebih menyenangkan ketika saling membandingkan dengan rekan Anda. Tidak ada jawaban yang benar atau salah.

Yang serius ngopi cenderung mencari tempat yang enak buat ngopi. Mulai dari warung kopi, coffee shop pinggir jalan sampai coffee shop di mall atau gedung perkantoran. Setelah ngalor ngidul mencoba tempat ngopi di Jakarta (yang jelas belum semuanya sih…), akhirnya diputuskan setelah dipertimbangkan masak-masak ada empat tempat ngopi yang recommended di Jakarta.

Pertimbangannya bukan karena tempatnya yang cozy, bukan pula harganya yang terjangkau atau sesuai. Pertimbangannya itu ada pada rasa kopinya. Empat karakter di atas menjadi acuan, tapi tentu saja tidak bisa maksimal karena sudah ditambah bahan-bahan lain. Karena datang ke tempat ngopinya itu cuma sekali dua kali, maka yang jadi pertimbangan hanya satu atau dua menu kopinya. Jadi, belum tentu semua menu kopinya rasanya enak ya…

Nah, ini dia menurutku empat tempat ngopi recommended itu:

1. Anomali Coffee, di Jl. Senopati, Jakarta Selatan. Menu kopi yang top: Ristronos. Espresso ditambah kayu manis dan whipped cream. Eksotis…

2. Sebastian Coffee Shop, di Rempoa, Jakarta Selatan. Untuk menu latte, coffee shop ini jagonya. Kopinya terasa karena seringkali di tempat lain rasa kopi tertutup rasa susunya. Susunya juga ngga bikin eneg. Dan yang jelas busa susunya itu paling tebal daripada kedai kopi lainnya.

3. Javva Coffee, di Jl. Senopati, Jakarta Selatan. Disini ada Orange Scented Coffee. Ramuan kopi susu diinfus kulit jeruk. Bercampur pahitnya kopi, asamnya jeruk dan manisnya susu. Dibuatnya dengan proses pour over.

4. Coffee Toffee Specialty, di Cibubur, Jakarta Timur. Untuk single origin-nya, yaitu Kopi Nusantara, memiliki rasa yang kuat. Bisa pilih kopi dari Bali Batukaru, Toraja Kalosi atau yang lainnya. Bisa disajikan sebagai kopi hitam biasa (long black) atau latte.

 

Lidah masing-masing orang bisa berbeda. Yang menurutku enak belum tentu buat Anda enak. Untuk memastikan rekomendasi di atas benar atau tidak, silakan dicoba sendiri ya…🙂 Setelah itu mungkin Anda punya tempat ngopi recommended yang berbeda.

 

Referensi:

Anggara, Anies. Kopi Si Hitam Menguntungkan. Cahaya Atma Pustaka, 2011.

Panggabean, Edy. Buku Pintar Kopi. AgroMedia Pustaka, 2011.

http://www.ineedcoffee.com/04/cupping/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: