Membaca Kilat Super Cepat

Teman saya berkomentar, “Emang bisa…???” waktu membaca judul di atas. Teman yang lain berkomentar, “Baca judul covernya aja.” Memang judul di atas bombastis (melebih-lebihkan). Sebenarnya yang dimaksud sama saja dengan membaca cepat. Judul itu terinspirasi dengan munculnya buku-buku berjudul 5 Langkah Pintar Membaca (Cepat, Efektif, dan Praktis), Baca Kilat, Super Speed Reading, dan lain-lain (silakan dilihat di toko buku atau internet). Intinya yang dimaksud sama saja, membaca cepat.

Menurut Tina Konstant membaca cepat itu lebih dari sekedar membaca dengan cepat. Membaca cepat menurutnya adalah tentang “membaca cerdas”. Sedangkan membaca cerdas adalah:

  • menentukan apa yang diinginkan dari bahan yang dibaca,
  • membaca seefisien mungkin,
  • mampu untuk mengingat informasi ketika membutuhkannya.

Mengapa kita perlu membaca cepat? Perlu disadari di era ini informasi begitu membanjir, baik itu dari media cetak—koran, buku, majalah, tabloid—atau media elektronik—website, e-mail, portal. Sedangkan disisi lain kita juga semakin sibuk beraktifitas. Rasanya kita tidak akan punya cukup waktu untuk menangkap informasi yang kita butuhkan. Oleh karena itu sangat perlu untuk membaca dengan lebih cepat dengan tetap memperoleh informasi yang kita butuhkan.

Ada sebagian orang yang menolak membaca cepat dan itu dimaklumi. Misalkan bagi yang memiliki banyak waktu atau bagi yang sudah sangat menikmati dengan kecepatan membaca saat ini, boleh tidak melakukan teknik membaca cepat. Tetapi ada juga yang menolak karena menganggap dengan membaca cepat tidak bisa memperoleh pemahaman yang baik dari apa yang dibaca. Sebenarnya pendapat ini tidaklah benar. Kalau mau diadu pemahaman dari suatu buku antara yang membaca cepat dengan yang membaca biasa dalam waktu yang sama, maka yang membaca cepat akan lebih unggul karena dia masih ada waktu untuk mengulangi membaca.

Bagaimana cara membaca cepat? Raghib as-Sirjani dan Listiyanto Ahmad menjelaskan beberapa cara atau kiat membaca cepat yang bisa kita coba. Berikut adalah beberapa cara atau kiat tersebut.

1. Menentukan Tujuan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, membaca cepat sangat bergantung pada tujuan kita dalam membaca. Tujuan adalah hal utama dalam membaca. Jika kita tidak mempunyai tujuan membaca, maka jangan kaget jika kita akan terjebak atau tersesat oleh buku yang kita baca. Oleh karena itu, sebelum kita membaca, tentukan tujuannya terlebih dahulu.

2. Paksakan (Biasakan) Membaca dengan Cepat

Memaksa atau membiasakan membaca dengan cepat berarti kita hendaknya berusaha dengan keras membaca dengan cepat. Faktor penting dalam membaca cepat adalah kecepatan pergerakan mata kita dalam menyusuri baris demi baris dan halaman demi halaman teks bacaan. Sejak detik ini, mulailah memaksakan diri kita membaca dengan cepat. Mungkin, pada awalnya, kita tidak memahami isi bacaan dengan baik dan benar, akan tetapi percayalah bahwa dengan ketekunan kita dalam membaca dengan cepat, kita akan memahami isi bacaan dengan baik dan benar.

3. Jangan Membaca Per Kata

Membaca cepat dilakukan dengan mengenali beberapa kata sekaligus dalam satu kali lihat. Untuk itu, sebaiknya kita menghindari membaca kata per kata karena akan memperlambat kita dalam membaca. Selain itu, cobalah memahami makna yang sebenarnya diinginkan oleh penulis dan bukan sekedar membaca kata-kata saja.

4. Konsentrasi

Saat membaca, kita harus berkonsentrasi penuh dan berinteraksi dengan khayalan dalam ide dan topik yang disajikan dalam buku yang kita baca.

5. Rileks

Tubuh dan pikiran yang rileks sebelum membaca akan membantu kita bisa nyaman dan tanpa tekanan saat membaca. Lenturkan otot-otot tubuh yang tegang, dan buatlah diri kita senyaman dan se-enjoy mungkin. Hilangkan seluruh kekhawatiran karena buku yang kita baca terlalu tebal, bahasanya sulit, tergolong bacaan berat, atau tidak menarik.

6. Mengenali Materi Bacaan

Setelah tujuan ditentukan, dan buku sudah berada di tangan kita, maka langkah berikutnya adalah mengenali materi bacaan. Sebelum kita membaca keseluruhan isi buku, kenali materi yang akan kita baca. Periksa, ada berapa bab buku tersebut? Bagaimana bab disusun? Terdiri dari sub bab atau sub judul apa saja? Apakah ada diagram dalam setiap bab yang membantu penjelasan? Atau, apakah ada tabel yang disajikan untuk menjelaskan fakta dan data? Lihat pula kata pengantar dan sampul belakangnya (back cover).

7. Mengenali Ide Pokok

Satu hal yang harus kita ingat, membaca adalah untuk memahami, bukan untuk menghafal. Sesuatu yang dipahami akan terus diingat, sedangkan sesuatu yang dihafal akan mudah terlupakan. Untuk itu, kenalilah ide pokoknya terlebih dahulu, dan jangan terjebak pada detilnya. Selama ini, banyak orang yang langsung terjebak pada detail, kesulitan menyelesaikan satu paragraph, dan terus-menerus mengulangnya.

8. Pahami Kembali dan Tulis Ulang

Renungkanlah kembali sesuatu yang telah kita dapatkan dari membaca cepat. Biasanya, dengan menerapkan langkah-langkah sebelumnya, kita telah memahami isi bacaan secara umum dan menyeluruh. Untuk itu, kita bisa mengujinya dengan menuliskan ulang atau paling tidak menceritakan kembali secara singkat dan jelas tentang isi buku yang telah kita pahami tersebut.

 

Hal terakhir yang harus diperhatikan untuk bisa membaca cepat adalah menghindari kebiasaan buruk dalam membaca. Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah membaca sambil bersuara atau mengucapkan kata demi kata yang dibaca, membaca dengan suara kecil di dalam hati, menggerakkan bibir seperti orang berbicara dan melafalkan sesuatu, menggerakkan kepala mengikuti kata demi kata dalam bahan bacaan, dan bergeraknya mata ke belakang untuk mengulang kembali teks yang sudah dibaca. Jika kita bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, maka kemampuan membaca kita akan lebih cepat.

Referensi:

Buzan, Tony. The Speed Reading Book. BBC, 2003.

Konstant, Tina. Speed Reading. Hodder & Stoughton, 2009.

Aizid, Rizem. Bisa Baca Secepat Kilat. Bukubiru, 2011.

4 Komentar (+add yours?)

  1. djiesaka
    Jan 01, 2012 @ 15:33:10

    kl bs baca cepet tapi jg paham isi nya itu baru hebat🙂
    mampir gan …

    Balas

  2. booknme
    Jan 01, 2012 @ 15:58:30

    Lama2 setelah latihan pasti bisa, gan. Baca lambat jg blom tentu paham…🙂

    Balas

  3. sewa mobil surabaya
    Jun 09, 2012 @ 03:58:55

    Dear Admin
    Saya mencoba untuk latihan baca kilat 1 halaman 1 detik, tapi belum berhasil hehehe. Mohon sarannya

    Salam

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: